Senin, 15 November 2010

Wawasan Yang Luas..

     Membaca itu tidak menambahkan kepada orang ayng melakukannya kecuali pengetahuan dan wawasan yang luas. Setiap kali manusia itu mencermati warisan peninggalan generasi terdahulu dan wawasan mereka saat itu pula wilayah  pengetahuannya bertambah lua, serta akalnya berkembang, khususnya jika dia membaca hal yang baermanfaat dan berfaedah. 


      Membawa bacaan berkualitas sewaktu Anda bepergian. Bacaan yang termasuk berkualitas bisa berupa koran, majalah, atau buku. Bawalah paling tidak salah satu bacaan tersebut kemanapun Anda pergi. Sehingga jika Anda terpaksa harus menghadapi situasi ‘stag’ seperti terjebak kemacetan, harus menunggu atau antri di suatu tempat, bacaan itu bisa membunuh kejenuhan Anda. Di saat-saat seperti ini bacaan yang bersifat ringan namun berbobot lebih tepat, misalnya berisi tentang pengetahuan populer atau tips-tips ringan yang bermanfaat. Hindari bacaan dengan topik berat yang membutuhkan analisa dan ketajaman berpikir. Bacaan semacam ini lebih baik Anda baca jika Anda memiliki waktu khusus agar Anda bisa menyerap isi bacaan secara maksimal.


      Coba manfaatkanlah media yang sudah lam kita tinggalkan, yaitu Radio. Berbeda dengan televisi, dengan mendengarkan radio Anda masih dapat mengerjakan aktivitas lainnya seperti membersihkan rumah, memasak, menyetir mobil, dan lain-lain. Bandingkan dengan menonton TV, Anda tidak dapat mengerjakan hal lain saat menonton TV karena mata Anda terpaku pada acara yang ditayangkan. Saat Anda sibuk di kantor pun jika memungkinkan Anda masih bisa mendengarkan radio. Kalau Anda punya radio tape kecil bawalah ke kantor. Jika Anda terbiasa bekerja sambil mendengarkan bunyi-bunyian, bekerja sambil dengerin radio, asyik juga kan?


     Kemudian anda bisa menambah wawasan dengan berselancar di dunia maya. Di jaman canggih seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas internet bagi karyawannya. Jangan sia-siakan fasilitas ini. Di sela-sela kesibukan kerja Anda, sekali-kali tengoklah ‘dunia luar’ dengan mengunjungi situs-situs berita atau situs yang menampilkan informasi terkini. Dengan demikian walau sibuk Anda nggak akan ketinggalan berita.
      Letakkan bacaan di tempat yang mudah terjangkau. Usahakan untuk menyimpan bacaan di tempat-tempat yang terjangkau. Misalnya Anda dapat meletakkan keranjang kecil berisi majalah atau koran di dalam mobil. Sehingga dalam perjalanan, Anda masih bisa menambah wawasan dengan bacaan tersebut. Atau Anda dapat meletakkan rak buku di samping tempat tidur Anda sehingga Anda dapat membaca menjelang tidur. Begitu juga di kantor, Anda bisa menyimpan buku-buku atau majalah Anda di laci meja Anda. Sehingga setiap kali ada kesempatan Anda bisa membacanya. Sederhana bukan? Memang bahan-bahan bacaan dari berbagai media sangat bermanfaat dalam meningkatkan wawasan Anda. Kalau Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, sekalipun Anda sibuk berat, bukan tidak mungkin wawasan dan pengetahuan Anda akan selalu bertambah. 
Mari kita gema membaca..

0 komentar:

Posting Komentar